Usaha Roti Unyil, Bisnis Gampil Dengan Keuntungan yang Memanggil

Membuat bisnis pembuatan roti unyil dengan skala kecil bisa menjadi opsi bagi Anda yang sedang mencari usaha yang menguntungkan.

Bisnis rumahan seperti ini masuk kedalam kategori industri rumahan yang tidak membutuhkan modal terlampau besar dan bisa dijalankan pada tempat dengan ukuran kecil.

Cukup dengan memakai dapur ataupun garasi rumah usaha ini sudah dapat dijalankan mengingat alat-alat berupa mesin yang dibutuhkannya tidak berukuran besar.

Bisnis roti unyil rumahan semacam ini juga dapat dijalankan di berbagai tempat karena target pasarnya yang cukup luas tentunya pembaca semua pernah memperhatikan di toko pinggir jalan roti macam ini dijual dengan beraneka rasa seperti coklat, susu, moca dan lain lain.

Roti unyil dijajakan dengan harga bermacam-macam dari mulai 1000 hingga 10 ribuan tergantung ukuran dan macamnya.

Itu merupakan salah satu hasil dari produk bisnis roti unyil kelas ukm ini, rata-rata penjual menjual rotinya dengan sistim titip ke kios, setiap hari akan ada petugas bagian datang untuk mengontrol jumlah roti unyil yang laku terjual di hari sebelumnya bersamaan dengan itu mereka juga menyetok kembali apabila stok roti di tokonya mulai berkurang.

Jangkauan pemasarannya bergantung dari skala besarnya usaha pembuatan roti unyil yang dikerjakan.

Jika daya produksi rotinya masih terbatas biasanya jangkauan penjualannya cuma disekitar lokasi produksinya, kendaraan yang digunakan untuk berjualan pun cukup memakai kendaraan roda dua seperti sepeda motor ataupun sepeda.

Sementara untuk bisnis pembuatan roti unyil rumahan yang sudah berskala lumayan besar, cakupan pemasaran mereka biasanya lebih luas karena kapasitas produksi rotinya pun lebih besar.

Tentu armada yang diperlukan untuk penjualan biasanya sudah berupa kendaraan roda empat, usaha pembuatan roti unyil dengan skala sebesar ini bahkan pemasarannya sudah mampu mencapai luar kota.

Langkah Memulai Usaha Roti Unyil Rumahan

Tertarik dengan model usaha seperti ini? Pertama yang harus Anda persiapkan ialah keahlian atau kemahiran untuk membuatnya baik dimiliki sendiri atau dengan mempekerjakan sumberdaya yang berpengalaman dibidang pembuatan roti.

Baca juga  Mari Mengenal Bersama Bisnis Es Tebu Ical
Selanjutnya juga perlu disediakan berbagai macam alat pendukung berupa mesin dan peralatan produksi lainnya, dalam menyiapkan mesin inilah yang paling menghabiskan banyak biaya bisnis karena harga dari tiap mesinnya lumayan tinggi, diantaranya yang biasa digunakan adalah:

Mixer, yang berfungsi sebagai pembentuk adonan utama pembuatan roti.

Mesin Proofer atau biasa disebut lemari pengembang roti, berfungsi untuk mempersingkat proses pengembangan adonan roti unyil sebelum dimasukan ke dalam oven.

Dough Divider, atau mesin pembagi adonan. Berguna untuk membentuk dan memecah adonan roti biar ukurannya sama rata.

Oven, berguna untuk memanggang sebagai langkah terakhir dalam pembuatan roti.

Berbagai alat penunjang lain juga dibutuhkan, seperti loyang, pemotong, cetakan roti dan lain lain.

Harga dari setiap mesin di atas berbeda tergantung dari merknya, sebagai perkiraan harganya antara 6 jutaan sampai 15 jutaan.

Sehingga kalau Anda ingin secara lengkap mempunyai semua mesin produksi roti ini, dana yang harus dipersiapkan sekitar 30 hingga 50 jutaan.

Agak besar memang modal yang diperlukan, namun jangan dahulu bersedih jika dana bisnis pembuatan roti rumahan Anda tidak sampai angka di atas.

Contoh yang kami ulas di atas hanyalah sebagai perkiraan biaya yang diperlukan untuk memiliki mesin pembuat roti yang bagus.

Sementara kenyatannya Anda dapat membuka usaha ini hanya dengan cara manual yang bermodalkan oven roti saja, sementara peralatan lain dapat memanfaatkan peralatan yang umumnya sudah terdapat di dapur rumah seperti mixer dan alat lainnya.

Sumber : https://ramesia.com/buka-usaha-roti-unyil/

Tips Berwirausaha Grosir Makanan Ringan yang Perlu Diketahui


Bisnis makanan ringan dapat menjadi pilihan bisnis yang pas untuk Anda bangun. Makanan ringan atau camilan kelihatan sekali sudah menjadi salah satu jenis makanan yang banyak tersebar di seluruh pelosok Nusantara. Dan masih banyak orang yang ingin menggeluti bisnis tersebut.

Bisnis makanan ringan juga menjadi usaha yang sangat menjanjikan ke depannya. Sebab makanan ringan sering dikonsumsi masyarakat saat begadang, bersantai, menonton tv, belajar, nonton bioskop atau saat melakukan kegiatan lainnya. Tetapi jika Anda cuma melihat saja tanpa melakukan tindakan memang akan meragukan. Untuk itu Anda mesti mencoba dan memulai bisnis tersebut sebagai salah satu usaha Anda.

Sebenarnya dengan menggeluti usaha makanan ringan bisa membuat Anda maju dan berkembang sebab penghasilan yang bisa diperoleh lumayan besar. Bahkan jika Anda pintar mengkreasikan varian camilan Anda, secara tidak langsung bisnis Anda bisa cepat maju dan berkembang. Oleh sebab itu memilih camilan sebagai bisnis Anda adalah pilihan yang tepat.

Di samping itu, bisnis makanan ringan merupakan bisnis berskala kecil yang mempunyai potensi sangat bagus untuk saat ini dan di masa depan. Permintaan pasar akan makanan ringan terus mengalir dan meningkat. Hal itu dikarenakan para pembeli makanan ringan yang bukan saja anak-anak, melainkan juga mencakup para pemuda, orang dewasa, hingga orang lanjut usia. Maka tidak mengherankan jika para pengusaha makanan yang biasanya disuguhkan sebagai selingan ketika melakukan kegiatan ini sering kali kelebihan pelanggan.

Ditambah lagi jika melihat beragamnya jenis camilan di negeri ini yang dijual dengan harga yang bermacam-macam, semakin membuat peluang usaha makanan ringan ini kian terbuka lebar bagi Anda yang baru akan menjalankan bisnis ini.

Bagi Anda yang tertarik untuk memanfaatkan peluang usaha makanan ringan, hendaknya membuat rencana dan persiapan yang matang lebih dahulu misalnya dengan melakukan beberapa riset dan analisa market untuk mengetahui camilan apa yang mempunyai permintaan pasar lumayan tinggi tetapi produksinya terbatas.

Rahasia Sukses Seorang Pendatang Baru dalam Usaha Makanan Ringan
Bisnis makanan ringan memerlukan keuletan dan manajemen yang baik. Kebanyakan pengusaha makanan ringan yang berhasil merupakan pebisnis yang telah lama berjualan dan telah memiliki pelanggan tetap, ditambah lagi makanan ringan yang dijual begitu inovatif dan memiliki rasa yang sedap sebab kunci utama bagi para pemula usaha makanan ringan ialah inovatif dan kreatif.

Baca juga  Cara Membuat Popcorn dari Jagung Biasa
Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi kesuksesan seorang pemula bisnis makanan ringan, diantaranya sebagai berikut:

a) Makanan Ringan yang Anda Jual Memiliki Kualitas Bagus
Makanan ringan yang akan Anda jual harus memiliki kualitas yang bagus, baik dari segi bahan yang dipakai, segi pembuatan maupun dari segi packaging. Bahan dasar yang digunakan haruslah bahan yang bersih dan tidak mengandung unsur zat yang berbahaya. Cara pengolahannya harus sesuai prosedur, misalnya gorenglah makanan ringan Anda dengan minyak yang berkualitas dan diganti dengan teratur. Kemudian kemaslah makanan ringan yang telah digoreng dengan menggunakan kemasan yang baik dan menarik.

b) Harus Memiliki Banyak Inovasi Baik Dalam Produknya Maupun Cara Marketingnya
Pengusaha makanan ringan yang sukses merupakan pengusaha yang selalu memiliki inovasi tinggi untuk membuat makanan ringan yang berbeda, sehingga membuat produk tersebut lebih mudah dicari dan dibedakan oleh konsumen. Oleh karena itu tidak jadi masalah produk yang Anda jual sudah ada di pasaran, yang penting produk yang dijual tersebut memiliki perbedaan secara inovasi dengan makanan ringan yang telah beredar.

c) Ciptakanlah Relationship dengan Customer Untuk Menjaga Loyalitas
Layanilah pelanggan Anda dengan sangat baik dan bijak, tidak peduli Anda kenal atau tidak dengan customer tersebut. Ciptakan kesan yang bagus kepada pelanggan Anda, dengan senyum dan sapa meskipun hanya sebatas basa-basi, sehingga membuat pembeli Anda dengan rela hati akan mampir kembali. Selain itu gunakanlah media sosial untuk membranding makanan ringan yang Anda jual untuk membangun relationship dengan pembeli Anda, sebab hal ini akan memberikan dampak positif, seperti promosi gratis dari mulut ke mulut pembeli. Promosi dari mulut ke mulut terbukti sangat efektif untuk mendapatkan pelanggan baru serta meningkatkan omset.

No comments:

Post a Comment

Cara Mengawali Usaha Kopi Goreng Kecil-kecilan

Kopi adalah golongan minuman yang paling disenangi banyak kalangan mulai dari anak muda, dewasa hingga orang tua. minuman kopi yang nikmat d...