Cara Membuat Siomai Batagor yang Mudah dan Praktis

Sejarah Siomai
Siomai atau somay yaitu satu diantara ragam jajanan. Dalam bahasa Mandarin, jajanan ini banyak disebut sebagai shaomai, sementara dalam kamus Kanton dikenal sebagai siu maai. Dalam bahasa Beijing, jajanan ini juga ditulis sebagai 燒麥, dan juga dibaca shaomai. Pembungkus siomai umumnya diolah dari bahan dasar yang sama dengan kulit pangsit. Jajanan ini konon lahir di kawasan Mongolia Dalam.

Siomay Batagor
Siomay ialah jenis kudapan yang mempunyai cita rasa yang unik serta bertekstur empuk nan kenyal. Siomay yang populer di Tanah Air adalah satu diantara jenis makanan yang berasal dari tanah pasundan dan lebih tepatnya berasal dari kota Bandung hingga kerap dijuluki dengan somay Bandung.

Makanan khas kota Bandung ini biasanya terbuat dari bahan baku ikan tenggiri dan jenis ikan yang lainnya. Namun, untuk siomay yang akan kami buat pada segmen ini merupakan siomay dari batagor sehingga acap kali disebut dengan siomay batagor. Siomay batagor memiliki rasa yang tak kalah lezatnya dengan siomay ikan.

Untuk tiap tahapan pengerjaan dan cara penyajiannya pun mirip seperti somay ikan, yakni disajikan dengan kuah sambal kacang yang lezat dan dilengkapi dengan kucuran air jeruk sesuai selera.
Setiap orang dapat mencicipi kudapan enak yang satu ini tidak terkecuali Anda. Somay batagor bisa disajikan sebagai makanan keluarga tetapi dapat mengganjal perut yang sedang lapar.

Untuk membuat siomay batagor yang enak pastikan bahan yang kita gunakan ialah bahan yang benar-benar segar dan berlabel halal. Dengan menjaga kesegaran bahan yang Anda manfaatkan, semoga saja kita bisa mendapatkan berkah dari Tuhan YME.

Bahan Baku:

Daging ayam segar yang dihaluskan 450 gr
Bawang putih yang sudah goreng sebanyak 2 sendok makan
Tepung terigu sebanyak 125 gr
1 helai daun bawang kemudian potong halus
Minyak goreng secukupnya
1 butir Telur ayam
Bumbu-bumbu yang digiling :

2 siung bawang pth
Kaldu ayam bubuk 1 secukupnya
1 sendok teh garam
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Gula pasir 1 sendok teh
Bahan untuk saos kacang :
kacang tanah yang telah goreng 250 gr
kemiri 3 butir
daun jeruk 2 lembar
bawang putih 2 butir
air panas secukupnya
cabe merah besar 3 biji
cabe rawit merah 10 buah
gula putih 1 sendok makan
garam 1 sdt
Masako 1/2 sendok teh
bawang merah 3 siung
Baca juga  Analisa Usaha Es Batu Kristal Sebelum Memulai Bisnis
Cara Membuat Siomay batagor :

Panaskan minyak kemudian tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum, angkat.
Campurkan semua bahan baku dalam satu wadah kecuali tepung dan telur
Haluskan bahan yang diaduk dengan mixer hingga tercampur merata, pindahkan adonan ke dalam wadah biasa.
Masukkan tepung dan telur dengan adonan yang telah dimixer.
Uleni dengan tangan sampai menjadi adonan somay batagor yang pas.
Ambil adonan somay batagor seperlunya serta dicetak sesuai keinginan kemudian kukus sampai matang.
Sambil menunggu adonan somay batagor dikukus kita teruskan dengan membuat saosnya dengan cara mencampurkan seluruh bahan saos.
Haluskan bumbu sambal yang telah dicampur kemudian diamkan sesaat.
Tumis bahan saos hingga matang, Angkat selanjutnya diamkan hingga dingin.
Angkat somay batagor yang telah dikukus dan sajikan di atas mangkok saji.
Guyur siomay batagor dengan saos kacang dan siap untuk dicicipi.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-siomai-batagor/

Cara Bisnis Air Minum dalam Kemasan

Minuman kemasan adalah salah satu macam minuman favorit untuk banyak orang, terutama balita. Iklan produk minuman kemasan ini hampir setiap hari kita lihat di media massa. Selain tidak sulit untuk diperoleh di pasaran, minuman kemasan ini juga mempunyai variasi pilihan rasa dan kandungan gizi.

Minuman kemasan ini juga praktis untuk dibawa berpergian atau bekal sekolah anak. Hal itu disebabkan kemasannya yang dapat langsung dibuang begitu isinya habis. Jenis-jenis minuman kemasan yang sering kali ditemukan di pasaran kebanyakan dikemas menggunakan kaleng, botol, kardus minuman, dan plastik.

Jenisnya dapat berupa jus buah, susu, teh, yoghurt, minuman bersoda, sirup, minuman berenergi dan sebagainya. Macam-macam tadi tersedia hampir untuk semua kalangan, mulai dari untuk anak kecil sampai untuk orang tua yang sudah lanjut usia.

Bisnis Minuman Kemasan

Bisnis minuman kemasan adalah jenis bisnis yang begitu menguntungkan. Karena termasuk tipe usaha kuliner, bisnis minuman kemasan takkan pernah kehabisan pembeli. Hal itu dikarenakan oleh faktor konsumen yang selalu membutuhkan minuman.

Sekarang ini bisnis minuman dalam kemasan mulai didominasi oleh perusahaan berskala besar. Tentunya kita sering melihat berbagai macam brand minuman dalam kemasan dengan macam serta rasa yang beragam di super market. Misalnya seperti susu rasa vanila, cokelat, stroberi, dan sebagainya.

Lalu bisakah kita memulai bisnis minuman dalam kemasan ini dalam skala rumahan yang tidak membutuhkan modal besar? Tentu saja bisa, terlebih lagi saat ini peluang usaha di bidang ini sedang cukup tinggi karena dilihat dari segi kepraktisannya untuk dikonsumsi oleh konsumen.

Dapat kita perhatikan bahwa mulai banyak juga orang yang sudah memulai bisnis ini, tak jarang banyak pula yang dapat menggapai kesuksesan, seperti mengemas minuman yoghurt dalam cup, sari buah, dan sebagainya. Produk mereka cukup diminati oleh konsumen meski skalanya tidak tersebar secara luas layaknya produk dari industri besar.

Cara Bisnis Air Minum dalam Kemasan

Bagaimana? Anda tertarik dengan cara bisnis air minum dalam kemasan? Bila Anda tertarik untuk memulai bisnis minuman dalam kemasan ini, berikut ada 5 hal penting yang mesti diperhatikan ketika menjalankan bisnis minuman kemasan.

Baca juga  Sosis Kentang, Sosis Sehat Kaya Manfaat
1. Buatlah Produk Berkualitas

Produk aman dan berkualitas diminum adalah poin penting yang nomor satu. Anda tidak boleh menurunkan kualitas minuman kemasan hanya demi harga yang terjangkau. Tentu saja hal ini disebabkan oleh kualitas produk bertanggung jawab untuk kesehatan pembeli. Ciri produk berkualitas adalah sebagai berikut:

a) Awet Namun Sehat

Minuman kemasan yang telah kecut berarti telah basi dan tidak sehat lagi. Jika Anda tidak paham dengan pengawet yang sesuai dengan minuman Anda, Anda dapat mencoba untuk menghubungi mahasiswa kedokteran atau mengunjungi BPOM setempat.

b) Kemasan Tidak Menggelembung

Kemasan yang telah menggelembung juga berarti menandakan bahwa minuman kemasan tersebut sudah tak layak untuk dikonsumsi lagi. Minuman tersebut telah mengandung bakteri yang tak sehat bagi kesehatan. Bakteri itu pula yang mengakibatkan kadar gas memenuhi kemasan sehingga mengakibatkan kemasan menggelembung.

2. Buat Kemasan yang Menarik

Bungkus yang baik akan sangat menarik perhatian konsumen. Desain harus menarik perhatian dan mudah dikenali oleh para pembeli. Jika Anda kesulitan atau tidak bisa mendesain, Anda dapat menyewa jasa desainer produk untuk membuatnya.

3. Kemasan yang Pas dan Sesuai

Ukuran kemasan mestinya sesuai dengan banyaknya isi produk minuman yang akan kita jual. Kemasan ada baiknya jangan menggunakan ukuran terlalu besar serta jangan terlalu kecil pula. Buatlah kemasan seimbang agar tak ada kesan terlalu mahal di pikiran calon pembeli.

4. Titipkan ke Kantin Sekolah dan Warung

Kantin sekolah serta warung bisa dimanfaaatkan sebagai teknik yang baik dalam memasarkannya. Hal tersebut disebabkan kantin sekolah serta warung sudah mempunyai pelanggan tetap mereka. Yang perlu kita lakukan hanyalah bernegosiasi masalah harga dengan mereka. Setelah itu, keuntungan akan selalu mengalir seiring dengan larisnya penjualan.

5. Promosi Bisnis Minuman Kemasan

Anda dapat melakukan promosi baik secara offline maupun online. Walaupun sebenarnya kedua teknik promosi tadi cukup penting, tapi bila Anda memilih salah satu di antaranya pun tak masalah. Namun, akan lebih baik lagi jika menggunakan keduanya sebagai sarana promosi produk minuman kemasan yang Anda jual.

No comments:

Post a Comment

Cara Mengawali Usaha Kopi Goreng Kecil-kecilan

Kopi adalah golongan minuman yang paling disenangi banyak kalangan mulai dari anak muda, dewasa hingga orang tua. minuman kopi yang nikmat d...