Peluang Usaha Es Krim Camelo di Indonesia

Asal-usul Es Krim
Sebelum kita melihat es krim yang seperti saat ini, manusia telah mengkonsumsi es krim sejak zaman pra sejarah. Tetapi es krim yang dikonsumsi bukanlah es krim sebetulnya, melainkan salju yang dicampurkan dengan berbagai jenis bahan makanan lainnya. Semisal waktu abad ke-5 sebelum masehi, Hippocrates menyarankan pasiennya untuk mengkonsumsi salju yang dikombinasikan dengan buah dan madu. Di tempat lainnya, yakni Cina, kombinasi antara nasi dan susu beku dipakai pada waktu 200 sebelum masehi.

Perjalanan es krim hingga menjadi es krim yang seperti kita makan sekarang terjadi dari abad ke-16 sampai 19. Lalu es krim menyebar di penjuru dunia berlangsung waktu abad ke-20-an. Yaitu ketika kulkas menjadi hal yang biasa. Pada waktu itu berlangsung kemunculan toko es krim dengan berbagai macam jenis dan rasa. Satu di antaranya yaitu Baskin-Robbins, yang masih ada sampai sekarang. Bisnis itu membuat 31 macam es krim. Saat ini, mereka mempunyai sekitar seribu variasi.

Kimia dari Es Krim
Es krim bersumber dari bahasa inggris yakni ice cream. Kata “ice cream” sendiri memiliki usul, yakni iced cream. Jika dilihat, maka iced cream berarti krim yang dijadikan. Memang pada umumnya bahan baku utama es krim adalah susu. Kemudian susu krim ini dicampur perisa atau buahan-buahan. Di samping itu es krim juga ditambahkan pemanis seperti sirup jagung, sukrosa, dan beberapa macam pemanis lainnya.

Es Krim Zaman Ini
Satu perkembangan penting dalam es krim pada abad ke-20 adalah diciptakannya soft-served ice cream. Soft-served ice cream adalah es krim yang mengandung lebih banyak udara. Sehingga es krim ini lebih halus bila dibanding es krim biasa. Es krim ini menjadi pilihan lainnya selain es krim keras.

Baca juga  Cara Mudah Menjanlankan Bisnis Burger dan Kebab
Sebelum perkembangan kulkas modern, es krim cukup susah didapatkan dan langka. Ini karena es krim umumnya hanya bisa diperoleh ketika musim dingin atau di daerah yang benar-benar bersuhu dingin.

Di abad ke-19 dan awal abad ke-20 pemrosesan es krim dilaksanakan dengan freezer-freezer khusus. Sekarang pengerjaan es telah menggunakan mesin. Alat es krim biasanya dibagi jadi dua tipe, yaitu yang dipakai untuk memproduksi hard-served ice cream dan yang bertujuan membuat soft-served ice cream. Salah satu alat itu bisa diperoleh di Ramesia Mesin.

Peluang Usaha Es Krim Camelo
Tidak hanya produknya saja yang enak. Potensi peluang usaha es krim camelo juga lumayan nikmat.

Mirza Akbar membangun Yogya Ice Cream tanggal April 2008. Waktu itu ia masih berusia 20 tahun dan merupakan mahasiswa semester empat. Ketika membangunnya Mirza memperoleh modal 40,7 juta dari orang tuanya. Modal itu ia peroleh dengan syarat ia tidak memperoleh uang saku bulanan lagi setelah. Kemudian ia menjalankan usaha es krim dengan memakai tenda dengan biaya sewa 300.000 rupiah per tahun.

Sekarang Yogya Ice Cream memiliki tak kurang 120 freezer yang terdapat di pelbagai restoran di Kota Yogyakarta. Berkat itu Yogya Ice Cream membukukan omset 300 juta rupiah per bulan bahkan bisa lebih.

Sumber : https://ramesia.com/peluang-usaha-es-krim-camelo/

Poin Penting dalam Mendirikan Bisnis Franchise Minuman AMK

Franchise minuman- Istilah waralaba atau dikenal juga dengan kata franchise yaitu suatu kerjasama dalam sektor bisnis, di mana hasil atau profit yang diperoleh akan dibagi sesuai dengan kesepakatan awal.

Peluang untuk bisnis waralaba kuliner sangat tinggi sekali untuk dapat di scale up, sebab bisnis dalam bidang kuliner adalah bisnis yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat kita yakni makanan dan minuman.

Bisnis waralaba di Indonesia sudah bukan sesuatu yang langka lagi di telinga. Nyaris di setiap sudut daerah terdapat usaha franchise. Dari semua jenis waralaba yang terdapat di sekitar kita, di antara yang bisa dengan mudah kita lihat baik di daerah perkotaan, pusat-pusat keramaian, mall, di pinggiran jalan raya, bahkan hingga di pedesaan, yakni usaha franchise di bidang kuliner.

Perkembangan usaha franchise khususnya minuman sangat cepat sekali, nyaris setiap hari muncul aneka minuman baru yang diciptakan. Hal ini menjadi nilai lebih bagi sebuah produk supaya berkembang karena adanya ide-ide baru yang tidak akan berhenti.

Bisnis franchise minuman amk ini pun juga sangat banyak ragamnya. Ada gerai yang berjualan minuman untuk produk utamanya seperti teh, coklat, cappuccino, bubble tea, dan masih banyak lainnya.

Karena begitu maraknya bisnis franchise minuman yang kian meningkat, hal ini membuat sebuah faktor yang memaksa pelaku usaha agar ikut masuk dalam bidang bisnis minuman. Sebab selain memiliki kesempatan yang sangat tinggi, usaha ini juga bisa memperoleh profit yang tinggi pula.

Di antara jenis franchise minuman yang memiliki prospek bagus yakni franchise minuman coklat. Bagaimanakah persiapan yang akan dilakukan untuk memulai bisnis franchise minuman? Ya, agar bisa bergabung atau memiliki bisnis ini, ada dua opsi yang bisa Anda kerjakan. Yang pertama yaitu dengan cara bergabung dengan bisnis franchise yang sudah memiliki brand, dan pilihan yang kedua adalah memulai untuk menciptakan bisnis franchise sendiri.

Jika Anda lebih tertarik untuk merintis bisnis ini dari awal yaitu opsi yang kedua sebagai pionir, hal ini tidaklah sulit. Beberapa hal yang wajib Anda rencanakan yaitu gerai yang akan digunakan untuk berjualan, mesin pres, varian minuman yang akan dijual, nama brand produk, serta pemilihan tempat untuk menjual produk Anda.

Baca juga  Peluang Usaha Es Krim Diamond di Indonesia
Kedua pilihan dalam melaksanakan usaha franchise minuman ini sama-sama memiliki untung yang banyak, jadi tentukan sesuai minat Anda.

Dalam hal biaya operasional bisnis franchise minuman ini pun sangat murah, tetapi mudah untuk mendapatkan pelanggan. Untuk tempat menjual produk tidak usah membuat kedai, Anda cuma sewa tempat parkir, halaman depan kios orang lain atau di tempat parkir alfa dan indomart. Akan tetapi apabila Anda menginginkan menggunakan kedai untuk memasarkan produk itu akan lebih bagus.

Pekerja pun bisa diberi upah tidak terlalu besar dan tidak dibutuhkan banyak pekerja untuk menjalankan bisnis ini. Semua orang baik masih pemula atau yang sudah biasa menjalankan bisnis akan sangat mudah untuk menjalankannya.

Ada Beberapa Poin Penting dalam Mendirikan Bisnis Franchise Minuman AMK:

1. Carilah Lokasi yang Sering Dilewati Orang
Ini merupakan poin yang sangat penting untuk mendirikan sebuah usaha franchise minuman, karena apabila salah pilih lokasi maka bisnis Anda tidak akan berjalan.

2. Mempunyai Cita Rasa yang “Berbeda” dan Enak
Namanya minuman yang pasti rasanya harus enak, dan agar mempunyai perbedaan dengan bisnis orang lain maka minuman harus mempunyai ciri khas “berbeda”.

3. Tampilan Gerobak yang Menarik

Kios harus mempunyai desain yang menarik supaya menarik perhatian, dan mudah diketahui orang yang lewat.

4. Lakukanlah Promosi
Lakukanlah promosi dengan rutin, bisa dengan cara menyebarkan brosur atau dengan cara membuat potongan harga untuk waktu-waktu tertentu, hal ini bertujuan untuk menjaring pelanggan baru.

5. Harga Produk yang Terjangkau
Berikan harga jual yang relatif murah agar daya beli masyarakat dapat terjangkau, semisal jika Anda menjualnya di area sekolah, maka harga produknya sesuaikan dengan kondisi uang saku anak sekolah.

Tidak perlu takut memulai bisnis franchise minuman, karena nanti Anda akan hidup serta menghidupkan ide baru menjadi peluang usaha yang tidak monoton. Dengan memikirkan kembali segala kemungkinan resiko pastinya. Tidak usah khawatir sebab tidak ada yang tidak mungkin, Anda akan berhasil jika memiliki semangat dalam berwirausaha dan berani mengambil kesempatan ini.

No comments:

Post a Comment

Cara Mengawali Usaha Kopi Goreng Kecil-kecilan

Kopi adalah golongan minuman yang paling disenangi banyak kalangan mulai dari anak muda, dewasa hingga orang tua. minuman kopi yang nikmat d...