Berikut Beberapa Peluang Usaha Agen Makanan

Seperti yang kita tahu, makanan dan minuman menjadi salah satu kebutuhan primer yang selalu dibutuhkan oleh setiap orang, inilah alasan kenapa dari tahun ke tahun usaha makanan semakin ramai saja.

Apalagi wilayah Indonesia adalah negara dengan tingkat konsumtif paling tinggi di dunia yang membuat peluang bagi kita untuk ikut andil di bisnis makanan ini semakin tinggi. Negara ini juga sangat terkenal dengan banyaknya ragam kuliner di tiap daerah. Apabila kita perhatikan peluang ini bisa dijadikan menjadi bahan dasar “inspirasi” untuk memulai bisnis makanan.

Di daerah perkotaan sudah semakin menjamur berbagai jenis usaha makanan yang disesuaikan dengan minat kawula remaja jaman sekarang. Banyak sekali inovasi-inovasi yang tumbuh di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.

Kalau kita lihat para pelaku bisnis makanan yang sukses, kebanyakan selalu menelurkan “inovasi” yang tiada henti. Mereka tidak meniru tren pasar, sebab selera pasar itu rasio kejenuhannya besar. Maksudnya, sangat mungkin adanya perubahan minat pasar dalam waktu yang sangat cepat. Misalnya, orang jaman dulu tidak menyukai keju. Tapi jaman sekarang? Hampir setiap orang suka, terlebih anak-anak muda. Ini adalah salah satu contoh saja bahwa selera pasar itu tumbuh sangat cepat.

Karena inilah, jika kita perhatikan pelaku usaha yang sukses di bisnis kuliner ini telah merencanakan dengan baik akan seperti apa model usaha mereka ke depannya.

Di hal ini biasa kita sebut dengan “riset pasar”. Pada intinya, riset pasar itu bertujuan agar kita mengetahui karakteristik calon konsumen kita. Sehingga, kita bisa mempersiapkan strategi produk dan cara promosi dengan lebih efektif.

Saya Tidak Punya Pengalaman Pendidikan Memasak, Apa Bisa?
Mungkin inikah yang terlintas di pikiran Anda kalau mau mengambil peluang usaha agen makanan?

Ya, tak hanya Anda penulis pun juga kadang-kadang memikirkan hal demikian. Tidak hanya usaha makanan saja, namun di setiap bisnispun juga demikian. Apa bisa menjalankan usaha yang kita tidak memiliki pengalaman pendidikan apapun yang berhubungan dengan bisnis kuliner?

Baca juga  Resep dan Cara Membuat Kue Crepes Durian yang Enaknya Nendang
Jika kita perhatikan, tidak sedikit orang-orang sukses berbisnis kuliner dan mereka tidak memiliki latar belakang pendidikan memasak sekalipun.

Kami ambil contoh pendiri KFC, siapa sih yang tak tahu dengan fast food ini? KFC didirikan oleh Harland David “Colonel” Sanders.

Harland David memang pensiunan anggota marinir di Amerika Serikat dengan jabatan kolonel. Bahkan beliau memulai bisnis KFCini di umur 60 tahun! Bukan merupakan usia yang muda lagi bukan?

Di antara alasan utama kenapa beliau berhasil menjalankan KFC sampai seperti ini yaitu kegigihan dan passion yang kuat dalam bidang memasak.

Walaupun kita tidak mempunyai pengetahuan pendidikan di bisnis yang akan kita tekuni, namun asalkan kita punya kemauan untuk serius mempelajari maka hal tersebut dapat diatasi.

Jadi, tak ada alasan bahwa kita tidak mempunyai pengetahuan pendidikan dan umur yang masih terlalu muda atau cukup tua untuk menjalankan sebuah bisnis. Tidak ada istilah telat dalam memulai bisnis, tapi jika kita tidak mempunyai niat dan tekat untuk mengawalinya maka saat itulah kita sudah gagal.

Lalu Apa Saja Peluang Usaha Agen Makanan yang Menguntungkan?
Kalau boleh penulis katakan, sebenarnya semuanya menguntungkan. Sebab semuanya itu mempunyai “pasar” masing-masing.

Misalnya produk makanan A ditujukan untuk anak remaja, akan tetapi tidak sesuai untuk orang tua. Dan mungkin saja produk B pasarnya untuk orang tua namun tidak sesuai untuk anak muda.

Jadi, saran penulis lakukanlah riset terlebih dahulu tentang jenis makanan apa yang akan Anda jual. Riset yang paling utama yakni riset produk,target “market” dan lokasi menjual produk.

Setelah selesei menemukan jenis makanan apa yang ingin di pasarkan dan menentukan lokasi untuk memasarkan produk makanan maka belajarlah memanajemen produksi, pemasaran, dan lain-lain. Sebab lokasi ramai dan produk bagus saja tidak cukup agar makanan yang di jual bisa laku.

Sumber : https://ramesia.com/peluang-usaha-agen-makanan/

Cara Praktis Membuat Kopi Luwak

Filter Method
Metode ini adalah cara membuat kopi luwak populer yang biasa dilakukan oleh masyarakat karena tergolong sederhana dan efisien.

Cara membuat kopi luwak menggunakan teknik ini sangat mudah. Kopi bubuk diletakkan pada kertas saring yang berada di atas bejana kopi. Lalu kemudian air yang panas akan dituang di atas kopi, kemudian direndam menggunakan air panas dengan memanaskan bejana tersebut dan kopi pun siap dihidangkan.

French Press
Kalau metode French Press ini sering Anda jumpai di kedai-kedai kopi. French Press atau Plunger/Cafetiere ini dapat mengekstrak beraneka citra rasa yang terkandung dalam kopi bubuk. Anda dapat membeli alat French Press tersebut dengan harga yang terjangkau.

Cara menggunakannya juga tergolong simple, cukup tuangkan kopi bubuk secukupnya ke dalam Frensh Press, lalu tuangkan air panas yang sebelumnya telah ditiriskan kurang lebih 1 mnt di dalam French Press tersebut.

Pastikan Anda memasukan air mendidih dari teko ke dalam French Press dengan posisi yang agak tinggi dari French Press itu sendiri karena hal ini dapat menghasilkan gelembung air yang akan menciptakan aroma kopi jadi lebih enak.

Lalu kemudian aduk rata, semakin lama diaduk maka akan menciptakan aroma dan rasa kopi lebih menyatu. Langkah terakhir adalah dengan menekan kopi menggunakan tutup French Press secara pelan-pelan. Tuangkan racikan tersebut ke dalam gelas, dan kopi pun siap dinikmati.

Baca juga  Cara Membuat Waffle Keju dengan Mudah
Turkish Coffee
Cara Turkish Coffe disebut juga dengan sebutan Arab Method. Sebenarnya metode ini adalah asal muasal cara membuat kopi luwak untuk pertama kali. Dengan memakai metode tersebut, Anda bisa mendapatkan kopi dengan cita rasa yang sangat pekat. Metode tersebut cocok buat Anda yang memang menyukai kopi dengan rasa yang kuat.

Pertama-tama, untuk membuat kopi ini Anda harus menghaluskan biji kopi secara mandiri dengan menggunakan lesung dan alu atau mesin penggiling kopi (kahve değirmeni). Bubuk kopi tersebut lalu kemudian ditaruh pada sebuah bejana (ibrik) dengan gula dan air. Racikan ini diaduk dan didiamkan hingga 3 kali dan kopi pun telah siap dihidangkan.

Espresso
Mesin Espresso ini bisa dikatakan merupakan salah satu mesin yang paling canggih untuk membuat kopi. Hampir semuanya bisa dilakukan secara otomatis, termasuk juga dalam pengaturan suhunya. Tetapi tetap saja kopi yang dihasilkan nanti ditentukan dari pengalaman-pengalaman Anda sendiri dalam membuat kopi.

Cara membuat kopi luwak dengan mesin espresso terbilang agak sulit, terutama untuk Anda yang baru pertama kali menggunakannya. Pertama kali yang harus diambil ialah menggiling biji kopi, dengan memakai mesin Espresso ini, Anda bisa mengatur kelembutan kopi yang cocok dengan selera Anda, yang pasti semakin lembut akan dapat menjadikan rasa yang mantap.

Letakkan biji kopi yang sudah lembut ke dalam Porta Filter, namun baiknya pastikan sudah di-flushing (bersihkan) dan dikeringkan terlebih dahulu. Baiknya diperhatikan agar permukaan kopi bubuk lembut pada Porta Filter rata, dengan mengetuk Porta Filter atau cukup mengetuknya saja. Langkah terakhir adalah melakukan Ekstraksi Espresso, dengan memanfaatkan Variable Presseru Anda dapat menciptakan flavor yang Anda mau. Keempat cara ini merupakan sebuah ilustrasi cara membuat kopi luwak memakai mesin

No comments:

Post a Comment

Cara Mengawali Usaha Kopi Goreng Kecil-kecilan

Kopi adalah golongan minuman yang paling disenangi banyak kalangan mulai dari anak muda, dewasa hingga orang tua. minuman kopi yang nikmat d...