Cara Mengawali Usaha Kopi Goreng Kecil-kecilan

Kopi adalah golongan minuman yang paling disenangi banyak kalangan mulai dari anak muda, dewasa hingga orang tua. minuman kopi yang nikmat dan lezat betul-betul sesuai dirasakan saat kapanpun. Mengkonsumsi kopi telah menjadi kebiasaan bagi penduduk Indonesia semenjak dulu sampai saat ini. Ngopi sendiri banyak dilaksanakan masyarakat di dini hari, siang hari ataupun pada malam hari yang biasanya suasana yang tepat untuk meminum kopi.

Sudah tak heran lagi, budaya ngopi ini telah mengakar di orang-orang mulai dari golongan ekonomi kecil sampai ekonomi atas. Seluruh kalangan masyarakat memang banyak yang tergila-gila kopi, sehingga rasanya akan ada yang kurang kalau meninggalkan waktu untuk meminum kopi.

Kopi itu adalah tipe minuman yang dibuat dari pengolahan bulir kopi. Butir kopi itu dihasilkan dari pohon kopi yang sudah siap dan tua yang setelah itu dikupas serta dijemur dulu. Setelah tahap pengeringan berlanjut ke tahap pegongsengan kopi yang berguna untuk menciptakan rasa serta aroma kopi yang sangat enak. Teknik ini berlangsung dengan menyangrai kopi tidak menggunakan minyak, setelah tahap sangrai selesai biji kopi dapat digiling agar mendapatkan bubuk kopi yang baik dan lembut. Bubuk kopi ini yang nantinya untuk dibuat menjadi minuman yang enak.

Indonesia adalah negara yang memiliki kopi dengan kuantiti sangat besar di dunia. Oleh karena itu tak asing jika kopi dari Indonesia telah populer sampai mendunia. Salah satu jenis kopi yang mempunyai peringkat nomor satu dengan kualitas terbaik dan bernilai adalah jenis kopi luwak. Kopi tersebut dihasilkan dari sisa pencernaan hewan luwak yang dijual dengan nominal harga sangat tinggi.

Banyaknya pecinta kopi di Indonesia bisa memberikan sebuah peluang usaha kopi yang menguntungkan serta menjanjikan. Produk yang jadi incaran serta kesukaan masyarakat pasti akan menghasilkan keuntungan bisnis yang bagus bagi pengusaha usaha kopi. Di masyarakat sendiri sudah banyak bermunculan para pemain usaha kopi mulai dari kedai kopi sederhana sampai kedai kopi modern. usaha kopi akan ramai dibanjiri para pelanggan yang ingin bersantai atau bercengkerama dengan teman, keluarga, pacar dan lainnya sambil ditemani secangkir kopi. Kedai kopi merupakan tempat yang ramai dengan pecinta kopi dari waktu ke waktu tanpa terkendala cuaca panas ataupun hujan. Hal inilah yang mengakibatkan ramai pelaku usaha kopi yang menjadi keberhasilan dengan income penjualan yang tinggi.

Tertarik untuk menekuni usaha kopi yang menjanjikan? Kesempatan berbisnis kopi memang masih terbuka luas bagi siapa saja yang mau terjun langsung di bisnis tersebut. Bisnis ini mudah dikerjakan tidak wajib memiliki keahlian tertentu dalam mengelolanya. Membuat kopi memang tidak ribet dan sulit semisal mengolah olahan bumbu makanan kuliner. Dengan kemudahan proses peracikan kopi yang simpel menjadi daya tarik tersendiri untuk sejumlah kalangan untuk menerjuni usaha kopi.

Baca juga  Meraup Keuntungan dari Bisnis Steak di Jakarta
Mengolah kopi sendiri mempunyai cara yang mudah dan populer yaitu dengan menaruh gula dan kopi kemudian ditambah dengan air panas, kopipun sudah siap. Cara praktis Menyeduh kopi juga banyaknya pecinta atau pelanggan kopi di negeri ini membuat bisnis kopi merupakan suatu usaha yang menjanjikan. Lantas bagaimana cara memulai atau membuka bisnis kopi ? Untuk menguasai usaha kopi ini Anda bisa memperhatikan hal-­hal berikut ini:

Mengawali Usaha Kopi
Sedikitnya ada beberapa hal yang wajib Anda pikirkan untuk mengawali usaha ini. Pelajari betul dengan seksama.

1. Sasaran Pelanggan
Anda harus merancang masak-masak siapa sasaran customer Anda. Siapakah yang nantinya menjadi konsumen prioritas usaha kopi Anda. Berapa pendapatannya. Bagaimana mereka menganggap racikan suatu kopi. Golongan apakah mereka? Mahasiswa, kuli, kaum kapitalis, pekerja kantoran, atau para penikmat kopi?

Memahami tingkah laku pelanggan dapat membantu memetakan teknik berikutnya. Contohnya lokasi yang cocok, desain kode yang cocok, dan tarif yang sesuai untuk kopi Anda. Jika bekal Anda kecil dan menarget konsumen kelas menengah ke atas. Bekerjasamalah dengan sahabat atau investor yang mau membiayai bisnis Anda.

Cara simpel menemukan investor adalah mengajukan surat tanah atau BPKB kita ke Bank. Namun ada cara lain yang lebih mudah dan hemat. Cobalah untuk ikut serta acara-acara lomba bisnis plan yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga. Misalnya enterpreneurship competition. Jika berhasil, Anda akan memperoleh pendanaan secara cuma-cuma.

2. Lokasi Usaha Kopi
Anda harus mendapatkan lokasi sangat ramai untuk memulai usaha kopi ini. Lokasi menjadi hal penting dalam hidup matinya bisnis Anda. Misalnya saja Anda ingin menerapkan konsep warung kopi sederhana, maka Anda harus mendapatkan tempat yang selalu berdekatan dengan orang-orang ramai yang gampang ditemui.

Begitu pula jika Anda ingin mengonsep usaha kopi dengan kafe. Ini akan sangat menolong bila tempat yang Anda dapatkan adalah lokasi yang berdekatan dengan universitas, mall, sekolah, kantor, dan lain sebagainya. Sedangkan bila Anda lebih berminat untuk memanjakan lidah pecinta kopi pada suatu lokasi yang santai, Anda bisa memilih lokasi di tempat rekreasi.

3. Menentukan Supplier
Ini adalah hal penting, yang sering dianggap sepele. Jika Anda membuka kopi untuk target konsumen kelas menengah ke bawah. Anda tak perlu sulit mendapatkan supplier, di pasar ramai pedagang kopi dari instan ataupun tidak.

Baca juga  Potensi Bisnis Burger Rumahan yang Cukup Menguntungkan
Berbeda lagi jikalau sasaran Anda kelas menengah ke atas. Jika Anda ingin income puluhan juta perbulan, Anda wajib menyasar pembeli ini. Kalangan ini rela membeli mahal, oleh sebab itu kalangan ini berhak menikmati kopi ternikmat yang pernah ada.

Anda bisa saja pergi ke pelbagai tempat untuk mendapatkan kopi yang nikmat. Jalanilah, itu adalah biaya riset yang wajib Anda lalui.

4. Servis yang Baik
Terus menyuguhkan pelayanan yang baik dan menyenangkan akan sangat mendukung Anda dalam merancang usaha menjadi cukup pesat. Hal ini bisa menjadi sebuah kelebihan yang mungkin saja sukar didapatkan oleh pelanggan dari usaha kopi lainnya. Buatlah bisnis kopi Anda menjadi usaha yang memiliki etika, karena ini dapat memberikan timbal balik yang luar biasa dari para pembeli. Selain pelayanan yang baik dan ramah, Anda pun juga harus memperhatikan higienis dari tempat yang Anda gunakan untuk usaha kopi tersebut.

5. Teknik Marketing
Anda bisa memanfaatkan cara online ataupun offline. Bila Anda sudah menjalankan proses bisnis offline, maka Anda dapat menggunakan sosial media untuk menjual bisnis kopi Anda secara dunia maya. Jadi akan semakin banyak yang mengetahui bisnis kopi yang Anda kelola.

Demikian tentang potensi peluang usaha kopi yang bisa Anda ketahui dengan jelas supaya Anda lebih gampang dan serius dalam melaksanakan bisnis kopi yang menguntungkan.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-kopi-goreng/

Inilah Cara Mudah Membuat Popcorn Berwarna

Apa itu popcorn? Popcorn merupakan makanan atau jajanan yang terbuat dari jagung yang dapat dimakan saat bersantai, menonton film, maupun acara keluarga. Popcorn adalah panganan yang sangat diminati oleh anak kecil dan remaja yang banyak dijual di dalam bioskop, taman bermain, pasar malam, sekolah, dan kampus atau juga tempat banyak orang yang berkumpul. Tempat-tempat seperti itulah yang jadi sasaran paling utama dalam menjual popcorn berwarna.

Bahan baku dari popcorn adalah jagung mentega. Popcorn adalah jagung atau biji jagung yang dipanaskan dengan menggunakan suhu tinggi. Lalu mentega sendiri kita pakai agar popcorn menjadi lebih gurih. Membuat popcorn berwarna tidaklah sulit hanya dengan mencapurkan 1 sendok makan mentega dan 2 atau tiga sendok biji jagung ke dalam microwave. Kemudian dalam dua menit popcorn yang gurih dan enak siap disantap.

Sebelum kita mencoba untuk menjual popcorn sebelumnya pastikan kita sudah mencari lokasi berjualan popcorn yang strategis dan ramai karena tak semua orang menyukai popcorn sebagai cemilan, tentu masih banyak macam cemilan ringan lainnya. Dan juga untuk satu tempat sewa yang akan dijadikan sebagai tempat penjualan harus disesuaikan dengan harga dan banyaknya penjualan yang terjadi.

Modal yang Diperlukan untuk Berjualan Popcorn Berwarna
Modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha popcorn memang masih dapat dikatakan kecil dengan pertumbuhan profit yang cukup tinggi. Menjalankan bisnis popcorn dapat dibilang tidaklah susah dengan berbagai kemudahan menemukan bahan pembuatan popcorn yang murah dan banyak ditemukan di pasar. Usaha popcorn juga memberikan cara penyajian dengan inovasi-inovasi popcorn berbagai rasa dari bumbu yang berbeda. Untuk menjalankan usaha popcorn dengan cara yang tidak sulit Anda perlu memperhatikan empat hal berikut ini:

1. Yang pertama, buat perencanaan ketika akan memulai usaha popcorn Anda. Buatlah skema atau gambaran bisnis dengan cara memfokuskan macam popcorn yang akan Anda buat, misalkan popcorn dengan rendah lemak (low fat). Anda bisa menjelaskan secara umum mengenai varian popcorn tersebut mulai dari rasa dan aromanya, cara pengemasan yang dibutuhkan, pemilihan tempat penjualan dan lainnya.

Baca juga  Peluang Besar Bisnis Roti di Indonesia
2. Persiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis popcorn mulai dari mesin yang digunakan maupun alat-alat pendukung yang lainnya. Sebenarnya popcorn tidak termasuk ke dalam makanan yang dapat mengancam kesehatan kita jika saja cara pengolahan maupun penyimpanannya tetap terjaga kualitasnya. Untuk membuat produk popcorn dengan mutu, kualitas dan kepercayaan yang baik dari pembeli tentu dapatkan juga perizinan dari Depkes beserta dengan sertifikat halal dari MUI.

3. Yang selanjutnya, jika Anda ingin memasarkan produk popcorn Anda dengan cara online atau dengan membungkusnya langsung dan ditawarkan ke para supplier, pastinya Anda juga harus memberi label produk dengan brand yang unik dan baik. Jangan lupa untuk menyertakan bahan pada kandungan popcorn yang dibuat, berat produk, kode kadaluarsa produk, informasi gizi, izin dari badan usaha dan informasi produksi lainnya.

4. Promosikan bisnis popcorn kepada masyarakat umum dengan membidik sasaran yang tepat. Bisnis popcorn ini banyak sekali yang berminat serta tinggi akan permintaannya di kalangan masyarakat.

Kemudian setelah Anda mengetahui beberapa hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam bisnis popcorn, Anda bisa langsung mulai usaha tersebut. Bahan baku dalam bisnis popcorn ini memakai jagung serta mentega, popcorn tersebut diproduksi dengan cara-cara memanaskan biji jagung dengan menggunakan suhu yang tinggi hingga biji jagung mengembang. Penambahan mentega digunakan untuk menghasilkan rasa popcorn yang lebih enak, nikmat, dan gurih. Selain bahan tadi biasanya pembuatan popcorn juga menggunakan pewarna alami dan gula untuk pemanis.

Resep Membuat Popcorn Berwarna
Bahan-bahan yang Dibutuhkan:
· Biji jagung
· Mentega
· Panci (dapat diganti menggunakan wajan besar)
· Gula bubuk

Cara Membuat:
1. Siapkan panci di atas kompor. Siapkan dan takar sesuai dengan selera jagung untuk dibuat popcorn.
2. Campurkan 2 sdm mentega ke panci, nyalakan kompor menggunakan api sedang. Setelah mentega menjadi leleh, kecilkan api dan masukkan dua genggam biji jagung ke dalam panci.
3. Kemudian tutup panci dan sekali-kali coba goyangkan panci sehingga membuat semua jagung terkena mentega.
4. Biarkan beberapa saat, dan Anda akan mendengar letupan kecil di dalam panci.
5. Biarkan hingga letupan berhenti, kemudian matikan kompor.
6. Buka tutup panci dan beri tambahan gula sesuai selera, lalu campur merata.

No comments:

Post a Comment

Cara Mengawali Usaha Kopi Goreng Kecil-kecilan

Kopi adalah golongan minuman yang paling disenangi banyak kalangan mulai dari anak muda, dewasa hingga orang tua. minuman kopi yang nikmat d...