Aneka Peluang Usaha Makanan Ringan dari Tahu

Usaha makanan ringan dari tahu dapat menjadi pilihan usaha yang tepat untuk Anda tekuni. Camilan atau makanan ringan tampak sekali telah menjadi salah satu jenis makanan yang banyak menyebar di seluruh pelosok Nusantara. Dan masih banyak orang yang ingin menjalankan usaha ini.

Usaha makanan ringan dari tahu juga menjadi bisnis yang sangat menjanjikan ke depannya. Karena makanan ringan sering dikonsumsi masyarakat ketika bersantai, menonton tv, begadang, belajar, nonton bioskop atau saat mengerjakan aktivitas lainnya. Akan tetapi jika Anda cuma melihat saja tanpa melakukan tindakan memang akan meragukan. Oleh karena itu Anda mesti mencoba dan menjalankan usaha tersebut sebagai salah satu bisnis Anda.

Sebetulnya dengan menjalankan bisnis makanan ringan bisa membuat Anda maju dan berkembang karena keuntungan yang bisa diperoleh lumayan besar. Apalagi bila Anda pintar memadukan jenis camilan Anda, secara tidak langsung bisnis Anda bisa cepat maju dan sukses. Oleh karena itu memilih makanan ringan sebagai usaha Anda adalah pilihan yang sangat bijak.

Di samping itu, bisnis makanan ringan merupakan bisnis berskala rumah tangga yang mempunyai prospek sangat menjanjikan untuk saat ini maupun di masa yang akan datang. Permintaan pasar untuk makanan ringan selalu mengalir dan meningkat. Hal itu disebabkan para penikmat makanan ringan yang bukan hanya anak kecil, melainkan juga mencakup para pemuda, orang dewasa, hingga orang lanjut usia. Maka tidak mengherankan bila para pengusaha makanan yang biasanya disajikan sebagai selingan saat melakukan kegiatan ini sering kali kelebihan pelanggan.

Ditambah lagi bila melihat beragamnya jenis makanan ringan di negeri ini yang dipasarkan dengan harga yang bermacam-macam, membuat peluang bisnis makanan ringan ini kian terbuka lebar untuk Anda yang baru akan menekuni usaha ini.

Untuk Anda yang mempunyai minat untuk memanfaatkan peluang bisnis makanan ringan, sebaiknya membuat rencana dan persiapan yang rapih terlebih dahulu seperti dengan melakukan beberapa observasi dan analisa pasar untuk mengetahui camilan apa yang mempunyai permintaan pasar cukup tinggi tetapi produsennya sedikit.

Baca juga  Cara Memotong Daging Lembu dengan Betul, Tanpa Ribet dan Tanpa Waktu Lama
Kunci Kesuksesan Seorang Perintis dalam Usaha makanan ringan dari tahu
Usaha makanan ringan dari tahu memerlukan ketekunan dan pengelolaan yang baik. Kebanyakan pengusaha makanan ringan dari tahu yang sukses adalah pengusaha yang telah lama berdagang dan telah memiliki customer tetap, ditambah makanan ringan yang dijual benar-benar inovatif dan mempunyai rasa yang sedap karena kunci utama bagi para perintis bisnis makanan ringan adalah inovatif dan kreatif. Terdapat banyak hal yang bisa memberikan pengaruh terhadap keberhasilan seorang perintis bisnis makanan ringan, diantaranya sebagai berikut:

a) Makanan Ringan yang Anda Jual Memiliki Kualitas Bagus
Makanan ringan yang akan dijual mesti mempunyai kualitas yang bagus, baik dari segi bahan baku yang dipakai, segi pembuatan maupun dari segi pengemasan. Bahan baku yang digunakan haruslah bahan yang bersih dan tidak mengandung unsur zat berbahaya. Cara pembuatannya harus sesuai aturan, misalnya gorenglah camilan Anda dengan menggunakan minyak yang berkualitas dan diganti secara berkala. Kemudian kemaslah camilan yang telah digoreng dengan menggunakan kemasan yang baik dan menarik.

b) Harus Mempunyai Banyak Inovasi Baik Dalam Produknya Maupun Cara Marketingnya
Pebisnis makanan ringan yang sukses ialah pebisnis yang selalu mempunyai inovasi tinggi untuk menciptakan makanan ringan yang berbeda, sehingga produk Anda lebih gampang dicari dan dibedakan oleh konsumen. Oleh karena itu tidak jadi masalah produk yang dijual sudah banyak di pasaran, yang penting produk yang dijual tersebut memiliki perbedaan secara inovasi dengan makanan ringan yang sudah banyak beredar.

c) Ciptakan Relationship dengan Customer Untuk Menjaga Loyalitas
Layanilah pelanggan Anda dengan sangat baik dan bijaksana, tanpa mempedulikan Anda kenal atau tidak dengan pelanggan tersebut. Tinggalkanlah kesan yang bagus pada customer Anda, dengan senyuman dan sapa walaupun hanya sebatas basa-basi, sehingga membuat customer Anda dengan senang hati akan berkunjung kembali. Selain itu manfaatkanlah media sosial untuk mengiklankan makanan ringan yang Anda jual untuk membangun relationship dengan pelanggan Anda, karena hal ini akan memberi dampak bagus, seperti promosi gratis dari mulut ke mulut pelanggan. Promosi dari teman ke teman terbukti sangat bagus untuk menjaring customer baru serta meningkatkan omset.

Baca juga  Sejuta Manfaat Susu Kedelai Organik
d) Mempunyai Strategi Marketing yang Bagus
Memiliki Strategi pemasaran yang bagus akan mempengaruhi kemajuan usaha Anda ke depannya, karena itu, sebagai pemula bisnis makanan ringan, Anda harus dapat menggunakan strategi penjualan yang bagus serta bisa membaca dan memahami pasar untuk meningkatkan penjualan Anda. Seperti memberikan diskon, menambah bobot makanan, atau dengan membagikan contoh produk secara cuma-cuma pada masyarakat di area yang menjadi pangsa pasar.

e) Visioner, Berpikir Besar, Think Positif
Memiliki visi dan positive thinking dalam hati dan pikiran pebisnis merupakan suatu kewajiban. Dalam menjalankan suatu usaha dituntut melayani customer dengan baik. Dan pikiran yang jernih bisa membantu Anda memiliki visi yang tajam. jauhkanlah pikiran sempit dan negatif sebab apa yang Anda pikirkan dapat menjadi kenyataan, oleh karena itu sangat penting untuk selalu positive thinking.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-makanan-ringan-dari-tahu/

Peluang Usaha Pembuatan Es Batu yang Semakin Menggiurkan


Keperluan Pribadi dan Pasar akan Es Batu
Es batu sekarang ini sudah hampir menjadi kebutuhan utama. Baik keperluan bagi pribadi ataupun pasar. Bagi individu, es batu diperlukan untuk membuat minuman atau mendinginkan makanan. Sedangkan bagi pasar atau industri, es batu digunakan untuk menciptakan produk atau mengawetkan produk. Misalkan seperti sekedar sebagai bahan pendingin dari minuman es sampai menjadi pengawet dari ikan yang dikirim dalam kontainer.

Peluang Usaha Pembuatan Es Batu
Mungkin tidak banyak yang mengetahui, bahwa sebenarnya lumayan banyak permintaan es batu di pasar. Memang, jika hanya melihat usaha “jual es batu” rumahan yang biasa terdapat di pinggir jalan atau rumah-rumah, tak terlihat jika usaha tersebut lumayan menguntungkan. Tetapi yang patut kita butuh untuk ketahui adalah usaha pembuatan es batu tak cuma terdapat di “jual es batu” rumahan atau pinggiran itu, tetapi ada yang lainnya.

Baca juga  7 Variasi Cara Membuat Perkedel Kentang Lezat Ala Restoran
Di rumah makan atau restoran misalkan kita ambil contoh. Rumah makan memerlukan es batu untuk mendinginkan minuman atau makanan. Di samping itu restoran juga memakai es batu untuk mendinginkan bahan makanan seperti misalkan Ikan. Yang mana tujuan ikan itu didinginkan sebelum dimasak adalah supaya ikan tetap segar.

Di samping restoran kita bisa mengambil contoh di industri perikanan. Seperti yang kita tahu bahwa Ikan harus lah tetap segar sampai terjual kepada pembeli supaya terjaga kualitasnya. Seringkali ini menjadi masalah karena ketika proses pengiriman, kesegaran ikan berkurang atau hilang karena suhu. Maka Ikan harus dijaga supaya tetap dingin, segar, dan lembap ketika proses pengiriman. Salah satu cara untuk melakukan penjagaan tersebut adalah dengan memasukannya dalam box atau wadah tertutup yang memiliki suhu dingin. Dan salah satu untuk mendinginkan suhu dalam box atau wadah tersebut adalah dengan memberinya es batu.

Oleh karena itu keperluan pasar akan es batu tak bisa dibilang kecil. Sehingga harus ada yang memenuhi permintaan sekaligus peluang usaha pembuatan es batu ini.

Ruth Harso, pemilik Ice Cube Crystal bisa memproduksi kira-kira 10 ton es batu kristal setiap harinya. Es itu ia hargai seharga 1400/kg es batu kristal. Dari sales dengan harga itu ia bisa mendapat profit sampai 50%.

Ahmad Zalu Wibowo di Cijantung, Jakarta juga menjalani usaha pembuatan es batu kristal. Beliau memproduksi 4 ton es batu kristal per hari. Es batu itu ia jual dengan harga 1200 per kilogramnya. Dari penjualan tersebut dia meraup profit sampai 20%.

Ahmad mengatakan bahwa pelanggan es batu kristal tidak hanya terbatas pada rumah makan dan restoran saja. Pemesanan es batu bisa datang dari pengadaan event-event, misalkan seperti Java Jazz. Acara-acara seperti Java Jazz bisa membutuhkan es batu hingga 10 ton setiap hari.
Dari dua contoh keberhasilan usaha pembuatan es batu di atas yang kami kutip dari peluangusaha.kontan.co.id, dapat kita simpulkan bahwa usaha pembuatan es batu memiliki potensi profit yang cukup besar.

Baca juga  Cara Membuat Chocolate Crepes Cake
Kebutuhan dalam Memulai Usaha Pembuatan Es Batu
Tempat

Biaya yang pertama-tama harus kita siapkan adalah modal tempat. Memang barang es batu ini tidak terlalu begitu, tetapi jika kita sudah bermain di tingkat “ton-ton-an” pasti harus memiliki tempat yang besarnya mencukupi. Bahkan selain bangunan yang memadai, kita juga membutuhkan bangunan yang bersih dan terjaga suhunya. Tentu kalau tempat kotor bisa memunculkan risiko kotornya es batu. Dan tentu kalau tempatnya tidak tahan panas akan menjadikan es tidak awet.

Di tempat itu kita juga akan melaksanakan proses penciptaan es batu dengan bantuan mesin dan alat yang kita telah miliki. Selain itu, kita juga membutuhkan tempat itu sebagai penyimpanan sementara sebelum es batu dikirimkan ke konsumen.

Alat Pembuat Es Batu
Untuk menghasilkan es batu dalam skala besar tentu kita memerlukan freezer khusus atau alat pembuat es batu.

Kita lihat contoh Ahmad di atas. Dia merogoh kocek 200 juta untuk mendapatkan 3 unit mesin pembuat es sekaligus instalasinya. Sedangkan tempat seluas 200 meter persegi telah ia punyai sebelumnya. Mesin yang ia peroleh dari Jepang itu bisa membuat dua ratus kg es kristal dengan durasi 4 jam.

Jika tertarik mesin penghasil es batu yang lebih ekonomis dapat didapatkan di ramesia mesin.

Pengiriman
Kita juga wajib mempersiapkan semua yang dibutuhkan untuk pengiriman barang, seperti misalkan packing dan kendaraan. Yang harus dilihat dari packaging ini adalah kapasitas untuk menjaga suhu dingin dan kehigienisannya. Sedangkan yang patut diperhatikan dari kendaraan adalah kendaraan tersebut harus dapat membawa dan menampung es hingga hitungan ton.

No comments:

Post a Comment

Cara Mengawali Usaha Kopi Goreng Kecil-kecilan

Kopi adalah golongan minuman yang paling disenangi banyak kalangan mulai dari anak muda, dewasa hingga orang tua. minuman kopi yang nikmat d...