Membuat Adonan Fondant

Untuk membangun bisnis di bidang makanan tentu tidak lepas dari yang namanya Cara Membuat Adonan Fondant. Cara Membuat Adonan Fondant merupakan hasil percampuran bahan baku sebelum dimatangkan dengan cara digoreng, dipanggang, dikukus atau didinginkan di dalam lemari es.

Jika dilihat dari komposisi resepnya, Cara Membuat Adonan Fondant dibagi menjadi 2 jenis:

1. Cara Membuat Adonan Fondant padat (dough)
Bahan utama Cara Membuat Adonan Fondant padat adalah tepung yang dicampur air dan bahan lain seperti telur, lemak, garam, ragi sebelum diuleni dengan mesin atau tangan sehingga kalis (tidak lengket di tangan) dan mudah dibentuk, contohnya: Cara Membuat Adonan Fondant roti, donat, pizza, tortilla, pastry, spaghetti, berbagai jenis kue kering, dan kulit untuk berbagai varian dimsum (lumpia, bakpao, siomai).

2. Cara Membuat Adonan Fondant encer
Tepung sebagai bahan utama biasanya tidak dicampur dengan air, tapi dicampur dengan susu, gula atau telur sebelum dicampur dengan mesin atau tangan sampai membentuk Cara Membuat Adonan Fondant yang encer dan kental seperti cream, contohnya: Cara Membuat Adonan Fondant panekuk, wafel, pudding, cake, bolu, berbagai varian kue kering, beberapa varian roti, dan berbagai jenis gorengan.

Namun jika dilihat dari bahan dasar serta cara pembuatannya, Cara Membuat Adonan Fondant dapat dikategorikan dalam beberapa jenis:

1. Cara Membuat Adonan Fondant pasir
Cara Membuat Adonan Fondant pasir adalah Cara Membuat Adonan Fondant yang proses pembuatannya memakai 2 buah pisau dapur yang dipotong halus hingga seperti butiran pasir dan diselesaikan dengan cara dibakar/dioven. Cara Membuat Adonan Fondant pasir dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu :

a. Cara Membuat Adonan Fondant pasir rasa manis (Sugar pastry)

Cara Membuat Adonan Fondant sugar pastry menggunakan bahan utama terigu, margarin, gula pasir, dan kuning telur.

Contoh: Bola nanas, putri salju, moka salju, Nastar dll.

b. Cara Membuat Adonan Fondant pasir rasa asin

Baca juga  Cara Mudah Sukses dalam Bisnis Es Roti
Cara Membuat Adonan Fondant short pastry menggunakan bahan dasar terigu, margarin, sedikit garam dapur dan kuning telur.

Contohnya: Kue krakeling asin, kastengel, bola keju dll.

2. Cara Membuat Adonan Fondant rebus
Cara Membuat Adonan Fondant rebus ialah Cara Membuat Adonan Fondant yang cara pembuatannya dengan direbus dan dimatangkan dengan cara direbus/dikukus, digoreng dan dioven.

Contoh Cara Membuat Adonan Fondant rebus: Berbagai varian kue sus, nagasari beras/hungkue, jenang, bubur manis/cendol.

3. Cara Membuat Adonan Fondant Lembaran
Cara Membuat Adonan Fondant lembaran adalah Cara Membuat Adonan Fondant yang cara membuatnya dengan ditipiskan atau digiling hingga menyerupai lembaran dan diselesaikan dengan cara dioven atau digoreng.

Cara Membuat Adonan Fondant Lembaran dibagi menjadi 2 jenis:

a. Cara Membuat Adonan Fondant Pai (Pastei)

Cara Membuat Adonan Fondant Pai (Pastei menggunakan bahan dasar tepung terigu, mentega dingin, garam dan air yang dimatangkan dengan cara dioven dan berguna untuk kulit kue.

b. Cara Membuat Adonan Fondant Feuillete/Bladerdeeg

Cara Membuat Adonan Fondant Feuillete menggunakan bahan dasar terigu, korsvet atau lemak padat serta air dingin sehingga menghasilkan kue yang berlapis-lapis yang diselesaikan dengan cara digoreng atau dioven.

Contoh: Kue roomhorn, roti amandel, kue puff pastry, dll.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-adonan-fondant/
https://ramesia.com/

Cara Membuat Siomay Ayam


Siomay khas Indonesia
Siomay adalah model kudapan yang mempunyai cita rasa yang unik serta bertekstur empuk nan kenyal. Siomay yang familiar di Nusantara merupakan satu diantara jenis jajanan yang lahir di daerah pasundan atau lebih tepatnya berasal dari kota Kembang sehingga sering disebut dengan somay Bandung.

Kudapan khas kota Kembang ini umumnya diolah dari bahan baku daging ikan tenggiri dan jenis ikan yang lainnya. Namun, untuk siomay yang akan kami buatpada segmen ini ialah siomay yang berbahan dasar daging ayam sehingga kerap disebut dengan somay ayam. Siomay ayam mempunyai rasa yang nggak kalah enaknya dengan siomay ikan.

Untuk setiap tahapan pengerjaan dan teknik menghidangkannya pun mirip seperti siomay ikan, yakni disajikan dengan guyuran sambal kacang yang lezat dan ditambahkan dengan perasan air jeruk secukupnya.

Bahan-Bahan:
Daging ayam segar yang giling 450 gr
Bawang putih yang telah goreng kurang lebih 2 sdm
Tepung kanji kurang lebih 125 gr
1 batang daun bawang selanjutnya iris tipis
Minyak goreng seperlunya
1 btr Telur ayam
Bahan Bumbu yang digiling :
2 siung bawang pth
Penyedap rasa 1 secukupnya
1 sdt garam
Merica sachet 1/2 sendok teh
Gula pasir 1 sdt
Bumbu untuk saos kacang :
kacang tanah yang telah goreng 250 gr
kemiri 3 butir
daun jeruk 2 lmbr
bawang putih 2 siung
air panas seperlunya
cabe besar 3 biji
cabe rawit merah 10 biji
gula pasir 1 sendok makan
garam 1 sdt
Masako 1/2 sendok teh
bawang merah 3 butir

No comments:

Post a Comment

Cara Mengawali Usaha Kopi Goreng Kecil-kecilan

Kopi adalah golongan minuman yang paling disenangi banyak kalangan mulai dari anak muda, dewasa hingga orang tua. minuman kopi yang nikmat d...